Home Uncategorized Tips Menciptakan Hunian Anti Rayap
Uncategorized

Tips Menciptakan Hunian Anti Rayap

Tidak hanya nyamuk, kehadiran rayap di dalam rumah juga dianggap sebagai musuh bebuyutan manusia karena karakternya yang bisa merusak konstruksi bangunan sekalipun. Koloni rayap yang sudah bersarang pada kayu pintu, jendela, lemari bahkan rangka kayu Anda mampu membuatnya rapuh dan rusak seketika. Lalu bagaimana agar hunian Anda anti rayap?

anti rayap

Sebelum hal itu terjadi alangkah baiknya jika Anda melakukan tindakan preventif untuk mengusir rayap dari kediaman Anda. Salah satu langkah pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan memakai bahan-bahan yang tidak disukai oleh rayap. Hakikatnya hewan perusak ini menyukai keadaan kayu yang lapuk karena lembab dan berjamur.

Melapisi Furniture dengan Cat Anti Rayap

Salah satu cara untuk mencegah datagnya rayap pada rumah Anda adalah dengan segera melapisi berbagai furniture berbahan kayu dirumah Anda dengan cat kayu antihama rayap. Gunakan bahan cat yang dapat menyerap ke dalam substrat kayu. Sambil memberikan cat antihama rayap, Anda bisa juga menetralkan kelembapan udara dengan container desiccant.

Basmi dengan Cairan Kimia Organik dan Sintetik

Lalu bagaimana jika sudah terlambat dan rayap sudah memasuki kayu perabotan rumah Anda? Maka yang harus dilakukan adalah membasminya dengan menggunakan cairan kimia organik dan sintetik. Larutan kimia organik yang bisa dibuat di rumah Anda adalah rendaman air tembakau dan garam.

Caranya dengan merendam isi puntung rokok dan mencampurnya dengan garam. Daun salam dan kemangi juga bisa mengatasi hama rayap dengan cara meremas kedua bahan tersebut lalu merendamnya ke dalam air. Kedua larutan tersebut sangat berbau menyengat dan tidak disukai rayap.

Selanjutnya Anda bisa menggunakan cairan kimia yang mudah didapatkan disekitar rumah Anda. Bahkan sebagian besar percaya bahwa bahan kimia sintetik lebih ampuh membasmi hama rayap. Salah satu cara menggunakan larutan cairan naftalen (kapur barus) karena baunya yang sangat menyengat.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan solar dan minyak tanah. Cara ini sudah sangat familiar dikalangan orang tua dalam mengusir hama rayap. Anda hanya perlu merendam pondasi kayu pada rumah Anda dengan cairan ini supaya lebih awet dan aman dari serangan hama rayap. Dalam menggunakan cairan kimia hendaknya Anda lebih wapada dalam menggunakannya.

Itulah yang bisa dilakukan untuk mencegah dan membasmi hama rayap. Cairan kimia organik memang mudah dicari namun kurang ampuh, sebaliknya carian kimia sintetik sangat ampuh namun perlu metode khusus. Jika tidak mau repot dengan itu semua Anda bisa saja memanggil agen pembasmi anti rayap, untuk hasil yang maksimal. Jadi, semua tergantung pilihan Anda.

Author

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *